fa Cepat Sehat
Masukkan 4 digit kode yang kami kirimkan via SMS ke

   

Validasi

Ganti Nomor HP

Simpan Tujuan Tutup
 

Cuaca Panas Ekstrem Melanda, Waspada Picu Sejumlah Penyakit

Gelombang panas merupakan fenomena cuaca ekstrem yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Pada akhir-akhir ini, beberapa daerah di Indonesia mengalami gelombang panas yang cukup ekstrem, terutama pada bulan-bulan musim kemarau.

Apabila Anda mengalami gejala sakit sebagai dampak dari gelombang panas yang terjadi, segera konsultasikan ke dokter dan istirahatlah. Kunjungi suratsakit.com atau whatsapp ke nomor 081291100600 untuk melakukan konsultasi dokter online dan dapatkan surat sakit secara praktis dan mudah.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara khususnya di Jakarta telah mencapai 36-38 derajat Celsius dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini menyebabkan banyak orang merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk beraktivitas di luar ruangan, terutama pada siang hari ketika suhu udara mencapai puncaknya.

Gelombang panas ekstrem ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama bagi orang yang rentan terhadap kondisi panas yang berlebihan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul akibat panas ekstrem yang terjadi diantaranya, dehidrasi, heat stroke, dan masalah pernapasan. Selain itu, panas ekstrem juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta memperburuk polusi udara.

Untuk mengurangi risiko terkena masalah kesehatan akibat panas ekstrem, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

·         Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.

·         Hindari berada di luar ruangan pada siang hari ketika suhu sangat tinggi.

·         Gunakan penutup kepala dan baju yang longgar untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

·         Kurangi konsumsi kafein dan alkohol karena dapat memperparah dehidrasi.

·         Jaga kualitas udara di dalam rumah dengan cara membersihkan filter AC dan ventilasi yang baik.

·         Segera cari pertolongan medis jika mengalami gejala-gejala penyakit akibat panas ekstrem.

Dalam kondisi panas ekstrem, diperlukan upaya pencegahan dan pengendalian yang lebih serius dan terkoordinasi untuk mengurangi dampak buruknya pada kesehatan manusia.

Pemerintah Indonesia juga telah melakukan upaya untuk mengatasi dampak dari gelombang panas ekstrem yang terjadi, seperti dengan meningkatkan pengawasan terhadap kebakaran hutan dan lahan, menggelar program penghijauan, dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Warga Indonesia juga diimbau untuk berkontribusi dengan melakukan upaya pencegahan seperti menghemat penggunaan listrik dan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Persiapkan diri Anda untuk tetap beraktivitas di era new normal dan pancaroba. Pastikan Anda menjaga kesehatan dengan perilaku hidup sehat dan melakukan vaksinasi COVID-19 lengkap serta suntik vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Apabila Anda mengalami keluhan pada kesehatan Anda, segera konsultasikan ke dokter dan istirahatlah.

Kunjungi suratsakit.com untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli serta meminta surat sakit online dari dokter secara praktis dan mudah. Jelaskan gejala penyakit Anda, isi data diri, dokter akan memastikan gejala Anda melalui chat dan surat sakit siap dikirim.

Artikel Terkait

Fatalitas Tinggi Akibat Virus Marburg, Ketahui Gejala dan Pencegahannya
Apakah Anda Hanya Mengalami Sakit Tenggorokan atau Radang Tenggorokan?
Ancaman Campak Kembali Muncul, Begini Cara Melindungi Anak Anda Selama Wabah Campak
Benarkah Gejala Aneurisma Otak Mirip Dengan Stroke?
Serangan Jantung vs Gagal Jantung: Apa Perbedaannya?
 
  Cek Gejala Penyakit Frequently Asked Questions Syarat & Ketentuan  
  Tentang Kami Info Kesehatan Daftar Sebagai Dokter  
  Kebijakan Privasi Kontak Kami  
 
  © Copyright www.cepatsehat.net 2020. All Right Reserved